Beranda > ANCOL > Dari Menanam Pohon, Tabur Benih Ikan, hingga Menikmati Lumba-Lumba

Dari Menanam Pohon, Tabur Benih Ikan, hingga Menikmati Lumba-Lumba

Terbit di Koran harian pagi ibu kota INDOPOS Tanggal 15 Agustus 2011

Ketika Para Guru dari Daerah Terpencil Diajak ke Ancol

JAKARTA-Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Minggu (14/8) mengajak guru-guru dari pulau terpencil di tanah air ke Ecopark, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. Di sana, para guru diajak menanam pohon untuk penghijauan. Sekaligus mendukung program pemerintah untuk penanam satu miliar pohon. ’’SIKIB mengundang para guru dari daerah terpencil ke sini sebagai bentuk apresiasi untuk mereka yang telah mengabdi, mencerdaskan anak bangsa di daerah terpencil,’’ ujar Liza Mustafa Abubakar, ketua panitia pemilihan guru daerah khusus (Gurdasus) di sela-sela acara kemarin.
    Adapun pohon yang ditanam di Ecopark oleh SIKIB dan guru adalah 33 pohon jenis sawo kecik. Selain menanam pohon, mereka juga menabur benih ikan mas. Setelah itu, para guru diajak berekreasi dan menikmati pertunjukan lumba-lumba dan anjing laut di Ocean Dream Samudra.
    M. Husnan, panitia dan guru pendidikan luar biasa tingkat nasional, menambahkan, ada 99 guru dari berbagai daerah di tanah air yang diajak ke Jakarta. Mereka mendapatkan apresiasi. Kunjungan ke Ancol Taman Impian merupakan salah satu dari rangkain acara. ’’Adapun jumlah guru yang kita apresiasi ada 99 orang. Namun 2 orang berhalangan datang. Jadi 97 orang yang datang, mereka berasal dari daerah terpencil di Indonesia,’’ ujarnya.
    Husnan menambahkan, mereka yang datang merupakan hasil seleksi dari provinsi masing-masing. Di Jakarta, mereka diberi sejumlah pengetahuan, diajak ke sejumlah tempat serta bertemu dan berdialog dengan istri kabinet.
 ’’Pengumuman pemilihannya rencananya digelar dalam waktu dekat ini, 16 Agustus,’’ tegasnya.
      Sementara itu, Sawir, guru SD 07 Pulau Mentebung, Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, mengaku terharu diundang SIKIB. Pria yang telah 25 tahun bekerja sebagai guru itu mengatakan, dia dipanggil untuk mengikuti karya wisata ke Jakarta.’’Kita juga diajak untuk berjumpa dengan ibu atau istri kabinet. Tanya jawab tentang pendidikan, khususnya di daerah terpencil,’’ ujarnya.
    Sawir juga ditanya suka dukanya, tantangan, dan motivasi menjadi guru di daerah terpencil. ’’Kalau kita yang menjadi masukan, terutama transpotasi. Jarak yang di tempuh sangat jauh,’’ ujarnya.
    Elsinoho, 26, guru dari Provinsi Gorontalo, yang mengajar di SDN 7 di Jalan Melati Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, juga tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Wanita berjilbab yang menjadi guru kelas itu berharap, dengan adanya pemilihan memberikan motivasi kepada guru. ’’Khususnya guru dari daerah terpencil, bisa meningkatkan kualitas. Terutama dalam proses pembelajaran sehingga kualitas pendidikan yang ada di sekolah bisa tercapai,’’ jelasnya.
   Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Karya Sumadi menjelaskan, Ecopark yang mempunyai luas sekitar 33,6 hektare dulunya adalah lapangan golf. Saat ini menjadi taman hijau terbuka yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan lingkungan hidup.’’Ecopark berbasis edutainment. Taman ini dilengkapi berbagai sarana yang bisa dimanfaatkan bagi pendidikan lingkungan hidup seperti taman flaura dan taman fauna,’’ ujarnya.
    Selain itu juga fasilitas multifungsi untuk permainan petualangan
terbuka. Kehadiran Ecopark bermanfaat bagi kepentingan pendidikan, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi
muda akan arti penting memelihara lingkungan dan menjaga kekayaan
keragaman hayati Indonesia.
    Ecopark yang ditata dengan konsep memperkaya elemen natural
menjadi salah satu jendala bagi masyarakat perkotaan tentang
potensi keragaman hayati Indonesia. Ecopark, sebuah taman terbuka
dilengkapi berbagai fasilitas edutainment, botanical garden, dan
sarana adventure berbasis green lifestyle. Kehadiran Ecopark juga dirancang memperkuat koridor hijau di sepanjang areal Ancol Taman Impian. (dai)

Kategori:ANCOL
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: