Beranda > ANCOL > Go Green, Para Alumni UGM Bersepeda di Ancol

Go Green, Para Alumni UGM Bersepeda di Ancol

Terbit di Koran harian pagi ibu kota INDOPOS Tanggal 18 Juli 2011

MERIAH: Para peserta fun bike di Ancol, Jakarta Utara, tampak enjoy.

JAKARTA-Ribuan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta yang ada di Jakarta menyemarakkan fun bike di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, kemarin (17/7). Acara yang digelar oleh Pengurus Daerah Keluarga Alumni UGM (Kagama) DKI Jakarta ini mengusung semangat menjaga kebersihan udara lingkungan melalui bersepeda. Hal itu sekaligus menjaga tali silaturahmi antaralumni UGM yang ada di Jakarta. ’’Tujuan digelarnya acara ini, kita ingin go green dengan bersepeda. Kita juga mengajak masyarakat dalam acara ini,’’ ujar Ketua Kagama DKI Jakarta Budi Karya Sumadi, Minggu (17/7). 
   Fun bike digelar mulai dari area outbondholic Pasar Seni Ancol. Rutenya melewati kawasan Ecopark, Bandar Jakarta, Pantai Carnaval, dan Marina Bay Ancol. Menurut Budi, fun bike merupakan salah satu bentuk kepedulian Kagama terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan yang melibatkan masyarakat banyak melalui bersepeda. Selain menekan angka polusi, penggunaan sepeda juga akan menjaga kebersihan lingkungan yang merupakan pondasi dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup yang layak di muka bumi ini. ’’Bersepeda merupakan salah satu perilaku bijak yang dapat mewariskan kepedulian hidup di muka bumi. Lingkungan hidup yang minim polusi dapat menunda titik akhir pemanasan global,’’ paparnya
    Melalui fun bike tersebut, lanjut Budi, pihaknya ingin makin menyosialisasikan bersepeda di tengah kehidupan masyarakat. ’’Kami sangat berharap acara fun bike ini akan semakin membantu upaya sosialisasi penggunaan bersepeda di tengah kehidupan masyarakat. Sekaligus menanamkan pemahaman yang benar kepada masyarakat akan perlunya 
menjaga kelestarian lingkungan,’’ terang pria yang juga menjabat sebagai direktur utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk. PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk merupakan perusahaan pengembang dan pengelola kawasan terpadu Ancol Taman Impian.
    Usai bersepeda santai, keakraban semakin terlihat di antara peserta. Mereka kompak mengikuti senam bersama dan berjoget saat hiburan digelar. Adanya door prize pun semakin membuat semarak acara. Apalagi hadiah yang disiapkan cukup menggiurkan. Dari sepeda hingga BlackBerry.
Manajer Komunikasi PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ni Ketut Sofia Cakti mengatakan, panjang jalur sepeda di Ancol Taman Impian adalah 9,8 kilometer. Bagi pengunjung yang datang dengan menunjukkan tiket masuk, bisa meminjam sepeda gratis selama satu jam. ’’Selain jalur sepeda sepanjang 9,8 kilometer, di Ecopark, juga ada jalur sepeda sepanjang 2 kilometer. Jadi total ada sekitar 11 kilometer untuk jalur sepeda di Ancol  ini,’’ pungkasnya.
Sekadar diketahui, beberapa pekan lalu, sebagai kado ulang tahun DKI Jakarta yang ke-484, Ancol Taman Impian meluncurkan empat wahana baru. Ocean Ecopark, kawasan yang dilengkapi sarana untuk pendidikan dan lingkungan. Kalila Adventure, wahana animatronik dengan keberagaman hewan Indonesia. Fantastique Multimedia Show yang menggunakan teknologi dengan konten Indonesia dalam pentas drama musikal. Underwater Show pembelajaran mengenai satwa air.
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan keempat wahana tersebut dengan menandatangani prasasti yang disaksikan jajaran Direksi PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA)  di area Fantastique Multimedia Show Ocean Ecopark, Ancol Taman Impian, Selasa (21/6).
Ocean Ecopark Ancol adalah kawasan eco-wisata yang dilengkapi dengan berbagai sarana yang bisa dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan terhadap lingkungan. Dengan terbagi menjadi empat tema yang berbeda-beda, yaitu eco energy, eco care, eco nature, dan eco art. Dengan lahan seluas 33,6 hektare, Ocean Ecopark ini diharapkan dapat menjadi paru-paru alam kota Jakarta sebagai salah satu bentuk komitmen lingkungan hidup untuk memberikan eco-learning, yang menawarkan edutainment melalui konsep pengembangan green lifestyle.
Ocean Ecopark merupakan ruang hijau dengan aneka tanaman khas daerah pesisir. Beberapa tanaman adalah tanaman langka. Satwa-satwa seperti burung bangau pun mulai kembali datang ke kawasan Ancol setelah bertahun-tahun sudah tak terlihat lagi. Mereka kini menjadi habitat di Ocean Ecopark. (dai)
  

Kategori:ANCOL
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: