Beranda > KEMENPORA > Berharap Jadi Pusat Kegiatan Pramuka

Berharap Jadi Pusat Kegiatan Pramuka

BUPATI Kabupaten OKI Ishak Mekki mengatakan, Jamnas 2011 ini digelar di atas lahan seluas 400 hektare. Sebelumnya kawasan itu adalah perkebunan dan hutan. Untuk bumi perkemahan dibuat dengan beragam fasilitas di dalamnya. Seperti musala, penginapan, toilet, dan lain sebagainya. Dengan persiapan 2 tahun, pembangunan dilakukan dari dana APBD dan dukungan dari pemerintah pusat. ’’Bangunan dibangun secara bertahap dengan membuat MCK, air, listrik, dan tempat kesehatan,’’ katanya pria yang juga panitia Jamnas.
Pada 2010, ada beberapa daerah yang mengusulkan tempat untuk kegiatan Pramuka di OKI, Sumsel. ’’Dalam munas dikukuhkan lokasi di Sumsel dan dari situlah kita persiapkan lahannya dan kita mampu untuk membangun,’’ ujarnya. Dengan Jamnas, Ishak berharap objek wisata di OKI lebih dikenal lagi. Di OKI, ada wisata air, mainan anak, dan outbound.
Dia juga berharap, lokasi Jamnas di Teluk Gelam, dapat dijadikan pusat kegiatan Pramuka di Indonesia. ’’Karena ini sangat bermanfaat dan antusias masyarakat juga bagus dengan menyiapkan tempat istirahat, menjual suvenir dan lainnya,’’ imbuhnya.
Sementara itu, setelah mengikuti sejumlah acara, termasuk pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehari sebelumnya, para peserta Jamnas IX pada Minggu (3/7) menikmati sejumlah tempat di Sumatera Selatan. Seperti Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Para peserta Gerakan Pramuka yang berkunjung ke sana dapat mendapatkan pengetahuan sejarah.
Selain itu, melihat keindahan jembatan Ampera yang berwarna merah dengan panjang 1.117 m (3.665 kaki), lebar 22 m, tinggi menara 63 m, bentang utama 75 m dan berat 944 ton. Mereka pun berfoto-foto ria. Sajian makanan khas Palembang seperti empek-empek, tekwan, krupuk kemplang, dan burgo, menambah asyik jalan-jalan mereka.
Mereka juga melihat persiapan kemegahan SEA Games 2011 di Palembang. Pimpinan Proyek Wisma Atlet Mumu Mulyadi mengatakan, total kamar ada 123 buah dan untuk satu kamar dapat memuat 8 orang. Masih dalam rangka Jambore Nasional, sejumlah peserta juga melihat dan menikmati kemegahan Gelora Sriwijaya. Seperti peserta dari kontingen Jawa Tengah dan Gudep KBRI Kuala Lumpur.
Menpora Andi A. Mallarangeng yang tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat malam (1/7) untuk menghadiri pembukaan Jamnas juga menyaksikan penandatangan kerja sama Kemenpora-Univeristas Sriwijaya pada Sabtu pagi. Selain  Menpora, sejumlah menteri juga hadir pada pembukaan Jamnas IX. Jambore Nasional kali ini mengambil tempat di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang berjarak dari Palembang sekitar 80 kilometer. (ibl)

Terbit di Koran harian pagi ibu kota INDOPOS Tanggal 8 uli 2011

Kategori:KEMENPORA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: