Beranda > KEMENPORA > Momen Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat

Momen Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat

GUBERNUR NTB TGH M Zainul Majdi mengatakan, masyarakat NTB merasa bangga dan bahagia atas kehadiran Wapres Boediono, Menpora Andi A. Mallarangeng, para tamu, dan peserta dalam FIPOB VI. ’’Atas nama masyarakat NTB, saya berterima kasih kepada Menpora yang telah mempercayakan NTB tuan rumah penyelenggara FIPOB yang diikuti oleh 33 provinsi seluruh Indonesia dan 16 negara,’’ ujar Zainul.
Zainul menambahkan, pelaksanaan FIPOB ini merupakan momen yang baik. Di samping sebagai ajang prestasi dan kreatif, juga dapat dijadikan sebagai momen untuk mendeklarasikan even kepariwisataan dengan kehadiraan pemuda dari berbagai provinsi dan mancanegara.
FIPOB ini, lanjutnya, mengelar berbagai pertandingan. Di antaranya voli pantai, sepak bola pantai, pencak silat pantai, surfing, parade dan pacuan kuda pantai, serta parade busana tradisional rimpu.  Selain itu, lomba renang terbuka, triathlon, serta lomba renang bebas 300 meter. Ada juga pameran mutiara, pemecahan rekor Muri membakar 1.300 ekor ayam taliwang, serta funbike bersama.’’Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan di empat wilayah, yaitu Pantai Mandalika, Senggigi, Mataram, dan Lakey,’’ ungkap Zainul.
Kepala Disbudpar Provinsi NTB Lalu Gita Aryadi mengatakan, dengan semakin banyak even nasional dan internasional seperti FIPOB VI, maka bisa mewujudkan 1 juta wisatawan ke NTB pada 2012 mendatang. Dengan meningkatnya pariwisata, NTB akan memiliki multiplayer effect bagi sektor lain untuk menopang perekonomian masyarakat. Peluang usaha dan tenaga kerja akan banyak tersedot dengan majunya sektor periwisata NTB. FIPOB ini juga, lanjutnya, bisa menggali potensi dan menginspirasi spirit of the national di kalangan pemuda dan memberikan ruang yang luas bagi pemuda untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan karya kreatif dan visi pemuda ke depan.
Selain itu, memberi akses kepada para pemuda untuk membangun kemitraan dengan pemuda dari mancanegara, mempromosikan potensi olahraga bahari, dan pariwisata berbasis bahari yang layak dijual kepada masyarakat internasional. ’’Bisa juga memberi ruang unjuk prestasi kepada para pemuda di bidang olahraga bahari. Even ini sangat luar biasa bagi masyarakat NTB, karena melalui pariwisata bisa meningkat taraf perekonomian. Selain itu, dunia internasional bisa melihat potensi pariwisata di NTB yang sangat luar biasa,’’  ucap Lalu. Lalu juga mengatakan, FIPOB ini bisa membangkitkan investor untuk menanamkan modalnya di NTB.
Asdep Pengembangan Penghargaan dan Promosi Kemenpora Yuni Poerwanti, mengatakan, FIPOB memberi arti penting bagi pemerintah setempat dan masyarakat NTB, karena even yang diikuti pemuda dari 16 negara ini bukan hanya untuk meningkatkan prestasi olahraga bahari tetapi juga meningkatkan kunjungan wisata ke NTB. ’’Kita berharap tahun depan angka kunjungan wisata ke NTB akan meningkat,’’ tambahnya.
Masyarakat memang memberi respons positif digelarnya FIPOB VI. ’’Kami sangat menyambut gembira FIPOB ini.’’ kata Nurhayati, warga setempat, kepada INDOPOS di Pantai Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (11/7).  Nurhayati mengatakan, dengan adanya festival, Nusa Tenggara Barat akan lebih dikenal.
Hal senada juga diungkapkan Mariono, 23, nelayan. Mariono yang mengaku sejak umur 10 tahun sudah mencari ikan, senang dengan diselenggarakan FIPOB.’’Dengan ada kegiatan seperti ini sejumlah pejabat pusat datang ke sini. Kalau tidak ada even seperti ini mungkin mereka tidak tahu bagaimana indahnya Pantai Mandalika,’’ ucap Mariono.
Dia juga mengatakan, ada sekitar 180 orang perahu belancar sampan yang menggantungkan nasibnya mencari ikan. ’’Kalau kunjungan wisata asing banyak datang ke sini, secara otomatis penghasilan mereka bisa bertambah karena bisa menjadi pengantar turis dan guide. Kami berharap dengan adanya even seperti ini, kunjungan turis dari negara luar semakin banyak, sehingga bisa meningkat perekonomian masyarak NTB yang selama ini hanya dari pertanian dan nelayan,’’ jelasnya berharap. (gin/kgi)

Terbit di Koran harian pagi ibu kota INDOPOS Tanggal 19 uli 2011

Iklan
Kategori:KEMENPORA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: