Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Pemondokan Siap, 5.475 Calhaj Tiba di Jeddah – Madinah

Pemondokan Siap, 5.475 Calhaj Tiba di Jeddah – Madinah

Persiapan Menyambut Haji 2011 di Tanah Suci (2)
 

Hari ini (2/10), sebanyak 14 kloter yang terdiri atas 5.475 calon jamaah haji (calhaj) Indonesia akan mendarat di Jeddah dan Madinah. Mereka berasal dari berbagai embarkasi. Apa saja?

WAKIL Ketua 1 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi Subhan Cholid Syafiuddin mengatakan, para calhaj itu dari embarkasi Batam yang mendarat di Madinah pukul 11.50 waktu setempat sebanyak 450 calhaj, Padang di Jeddah pukul 12.16 (360), Jakarta di Madinah 13.30 (450), Medan di Jeddah pukul 14.15 (455), Surabaya Madinah 14.50 (450), Palembang 16.15 (360), Solo di Jeddah pukul 16.30 (375), Makassar di Jeddah pukul 17.00 (360), dan Balikpapan di Jeddah pukul 17.30 (325). Kemudian Makassar di Jeddah pukul 18.00 (360), Jakarta di Madinah pukul 18.30 (455), Solo di Jeddah pukul 19.15 (375), Banda Aceh di Jeddah pukul 20.05 (325), dan Solo di Jeddah 22.15 (375). “Mereka berasal dari Provinsi Jambi, Sumbar, Jabar, Sumut, Jatim, Sumsel. Jateng, Sulsel, Kaltim, Gorontalo, DKI Jakarta, dan Aceh Nanggroe Darussalam,” ujarnya di Makkah kemarin (1/10).
Sementara itu, dua hari sebelum kedatangan para calhaj Indonesia ke Makkah, pemondokan (perumahan) sudah siap 100 persen dihuni. “Pekan ini, seluruh personel di daerah kerja Makkah dan petugas yang tersebar di seluruh sektor di Makkah akan melakukan pengecekan,” ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Arsyad Hidayat di Kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Jumat malam (30/9).
Dari evaluasi yang sudah dilakukan, saat ini sebanyak 95 persen pemondokan sudah siap ditempati oleh para calhaj Indonesia. Ditargetkan dua hari sebelum para calhaj masuk ke Makkah, yakni 9 Oktober 2011, semua pemondokan di Makkah yang berjumlah 316 siap ditempati oleh para calhaj reguler yang berjumlah 201 ribu orang. “Para calhaj masuk ke Makkah pada 11 Oktober 2011. Pada 2 Oktober, sudah mulai berdatangan ke Jeddah dan Madinah. Yang datang ke Jeddah selanjutnya melalui darat menuju Madinah,” jelas Arsyad di sela-sela keberangkatan puluhan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah melaksanakan umrah.
Dijelaskan, jumlah penghuni setiap pemondokan bervariasi. Ada yang satu kloter bisa berkumpul dalam satu pemondokan, ada yang dipecah. “Ini supaya angkanya sempurna. Satu pondokan ada yang dihuni 108 calhaj. Semua pemondokan tidak akan sama fasilitasnya, tapi semaksimalkan mungkin diberikan yang terbaik. Jumlah kamar mandi juga bergantung pemondokannya. Kami harap calhaj memahami. Yang jelas, fasilitas minimal tetap terpenuhi seperti di antaranya kamar mandi, AC atau kipas angin, lift, dan dapur. Semua layak. Tidak ada yang tidak layak,” ungkapnya.
Jumlah penghuni dalam setiap kamar, lanjutnya, juga bergantung besar kecilnya. “Yang paling banyak, kami berusaha ditempati 10 hingga 11 calhaj,” imbuhnya. 
Mengenai jarak, lanjutnya, terjauh pemondokan dari Masjidil Haram sepanjang 2,5 km. Jarak di atas 2 km akan disediakan transportasi. Sedangkan yang kurang dari 2 km bisa jalan kaki. “Yang penting terbiasa jalan. Tidak ada prioritas transportasi, termasuk kepada para calhaj yang lanjut usia. Ini ketentuan Kementerian Haji Arab Saudi,” terangnya. Arsyad juga mengingatkan agar para calhaj selalu berhati-hati, terutama saat kedatangan. “Mereka datang dengan penuh semangat, tergesa-gesa melakukan umrah atau tawaf qudum, sehingga pisah dengan rombongan. Ini di antara titik rawan tersesat,” terangnya.
Selain itu, para calhaj juga harus berhati-hati dalam kondisi ramai di dalam Masjidil Haram. “Kalau ramai banget, tidak usah memaksakan merangsek ke dalam dulu, karena fisik calhaj Indonesia kalah dengan sejumlah negara lain,” tambahnya. Pada saat wuquf di Arafah, juga berhati-hati dan tidak terpisah dengan rombongan. “Kami akan berusaha mengatur, sehingga titik rawan di sini bisa ditekan. Saat melempar jumrah pun demikian, dengan mengikuti pengaturan, Insya Allah relatif aman,” pungkasnya. (zul)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: