Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Kloter Pertama Landing, Diminta Banyak Minum dan Pakai Masker

Kloter Pertama Landing, Diminta Banyak Minum dan Pakai Masker


PEMERIKSAAN: Sebanyak 450 jamaah haji asal Jambi tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis kemarin (2/10).

Menyambut Haji 2011 di Tanah Air (3)

Para calon jamaah haji (calhaj) Indonesia kloter pertama mulai mendarat di Arab Saudi. Sebanyak 450 calhaj asal Embarkasi Batam, kemarin (2/10) sekitar pukul 11.00 waktu setempat tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis, Madinah.

KEHADIRAN para calhaj tersebut disambut Konsulat Jenderal Republik Indonesia Arab Saudi Zakaria Anshar dan Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari. Dia bersama ketua harian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1432H/2011 meminta para calhaj tetap berdoa agar diberi kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan ibadah haji, baik di Makkah maupun di Madinah.
Selain di Madinah, calhaj dari Embarkasi Padang yang berasal dari Sumatera Barat yang berjumlah 360 orang juga sudah mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 12.16 waktu setempat. Ini merupakan rombongan calhaj pertama yang mendarat di Jeddah.  Sebelum kedatangan jamaah, Dubes RI untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Manshur memberikan sambutan saat gelar apel petugas PPIH di bandara. Dia berpesan kepada petugas agar bersikap sabar dalam menghadapi tingkah laku jamaah. “Jarang orang mendapat kesempatan untuk melayani jamaah haji, terlebih melayani di Rumah Allah,” katanya.
Setelah 5.475 calon jamaah haji (calhaj) Indonesia dijadwalkan mendarat kemarin (2/10), hari ini (3/10) direncanakan sebanyak 5.310 calhaj akan tiba di Jeddah-Madinah. Wakil Ketua 1 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid Syafiuddin mengatakan, para calhaj tersebut berasal dari Jambi, Jabar, Jatim, Sumut, Sumsel, Jateng, Bengkulu, Sumbar, Aceh, dan Gorontalo. Embarkasi Batam yang memberangkatkan 450 calhaj akan mendarat di Madinah pada pukul 10.25 waktu setempat. Kemudian Jakarta (450) tiba di Madinah pada pukul 11.50, Surabaya (450) di Madinah pada pukul 12.50, Medan (455) di Jeddah pada 13.15, dan Jakarta (450) di Madinah pada pukul 13.50. “Yang dari Embarkasi Jakarta besok (hari ini, Red) ada 3 kloter. Satu lagi mendarat di Madinah pada pukul 23.50 membawa 450 calhaj. Semuanya berasal dari calhaj Jawa Barat,” ujar Subhan.
Selain itu, Embarkasi Palembang (360) di Jeddah pukul 15.50, Solo (375) di Jeddah pukul 16.15, dan Padang (360) di Jeddah pukul 17.15. “Padang ini berasal dari dua provinsi, Bengkulu dan Sumbar,” imbuhnya. Di samping itu, dari Aceh (325) di Jeddah pukul 20.05, Solo (375) di Jeddah pukul 22.15, Makassar (360) di Jeddah pukul 23.15, dan Surabaya (450) di Madinah pukul 23.25. “Ini masih masuk gelombang pertama,” tambahnya.
Terpisah, Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi Mawari Edy mengatakan, cuaca yang terjadi baik di Jeddah, Makkah, maupun Madinah, setiap hari bisa berubah-ubah.
Para calhaj diingatkan untuk mengetahui perubahan-perubahan cuaca yang terjadi. “Seperti pukul berapa panas. Dengan kondisi ini, para calhaj hendaknya memakai masker yang telah diberikan,” katanya.  Kalau cuaca panas dan kelembaban rendah, yang harus diwaspadai adalah gangguan saluran pernapasan. “Kesehatan harus dijaga. Misalnya minum air putih setiap hari rata-rata 3 liter. Jangan lupa memakai masker, ini di samping sebagai pelindung dari debu, juga membantu kelembaban. Tahun ini masker berbahan kain. Jadi bisa dibasahi, kelembabannya bisa dibantu. Walau tidak sakit, baiknya tetap memakai masker,” terangnya. (zul)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: