Beranda > CATATAN HAJI 2011 > 69 Kloter Tiba di Saudi, Sosialisasikan Barang Bawaan

69 Kloter Tiba di Saudi, Sosialisasikan Barang Bawaan

SEMPAT DELAY: Para calhaj dan petugas haji dari embarkasi Balikpapan siap berangkat.

Suasana Pelaksanaan Haji Indonesia 2011 di Tanah Suci (8)
Calon jamaah haji (calhaj) selalu diingatkan untuk tidak membawa barang-barang seperti silet, gunting kuku, dan peniti. Pasalnya, barang tersebut dapat menghambat proses keberangkatan pesawat terbang, terutama pada saat pemulangan jamah haji dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

GENERAL Manager Saudi Arabia dan Middle East Garuda di Jeddah Fikdanel Thaufik mengaku pihaknya terus menyosialisasikan kepada calhaj.  ’’Kami sosialisasi dengan membuat selebaran dan backdrop yang ditempatkan di perumahan-perumahan haji di Arab Saudi,’’ katanya kepada wartawan kemarin (6/10).
Petugas Garuda di Bandara King Abdul Aziz akan memeriksa para calhaj sebelum melalui pemeriksaan sekuriti oleh petugas Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. ’’Di sini beda dengan di Indonesia. Kalau melalui pintu detektor logam masih bunyi, penumpang harus kembali dan menjalani pemeriksaan ulang hingga benar-benar tidak bunyi. Ini yang akan menghambat proses penerbangan,’’ kata Thaufik.
Dia berharap, para calhaj memahami dan menaati ketentuan itu. Dengan demikian diharapkan proses keimigrasian dan sekuriti di Bandara berjalan lancar.  Tahun ini Garuda menerbangkan 14 pesawat terbang sewaan untuk melayani jamaah calon haji dan jamaah haji Indonesia. Sesuai dengan kontrak antara Kementerian Agama dan Garuda, tahun ini Garuda melakukan penerbangan sebanyak 300 kloter yang mengangkut 113.711 jamaah. Mereka mengikuti penerbangan fase pertama (keberangkatan) dan fase kedua (pemulangan).
Thaufik mengakui persoalan biasanya terjadi pada fase kedua. Sebab, hampir semua jamaah dari bebagai negara sama-sama ingin cepat-cepat pulang. Karena itu, pihaknya berharap agar jamaah haji Indonesia mengikuti ketentuan-ketentuan agar proses penerbangan berlangsung lancar. ’’Setiap jamaah hanya diperbolehkan membawa barang satu koli di bagasi maksimal 32 kilogram, sedangkan di kabin hanya satu tas tentengan,’’ ungkapnya.
Sementara itu, sebanyak 27.809 calhaj telah tiba di Arab Saudi. Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu  (Siskohat) Kementerian Agama menunjukkan hingga pukul 17.37 waktu setempat kemarin (6/10), sebanyak 69 kelompok terbang (kloter) sudah mendarat di Bandara di Bandara King Abdul Azis (KIA) Jeddah dan Bandara Amir Muhammad Abdul Azis (AMAA) Madinah. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Arsyad Hidayat mengingatkan jamaah hendaknya harus bener-benar mempepersiapkan diri secara fisik saat menjalankan ibadah haji.
’’Sesekali boleh menjalankan ibadah sunah tapi hendaknya jangan terlalu memaksakan diri, sehingga nanti malah sakit dan tidak bisa jalankan ibadah wajibnya,’’ tandasnya. Dia mengingatkan rangkaian ibadah haji selama 40 hari di Tanah Suci bukanlah ibadah ringan dan memerlukan fisik yang prima, karena harus tawaf, sai, serta jalan kaki menuju Arafah saat puncak haji.
Hari ini (8/10) dijadwalkan 6.960 calhaj akan mendarat di Jeddah dan Mekkah, Arab Saudi. Mereka berasal Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Sumatera Barat,  Sulteng, dan Aceh. Dari Banten ada 2 kloter, JKG 7 dan JKG 8. JKG 7 yang berisi 455 calhaj dijadwalkan mendarat pukul 18.30 waktu setempat, sedangkan JKG 8 (455 calhaj) tiba pukul 20.45 di Madinah.  Jabar hari ini ada 3 kloter, JKS 11 (450), JKS 12 (450), dan JKS 13 (450) mendarat di Madinah. JKS 12 pukul 08.25, JKS 11 pukul 08.50, dan JKS 13 pukul 10.25. (zul)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: