Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Calhaj Khusus Tiba 14 Oktober, Transportasi Disimulasikan

Calhaj Khusus Tiba 14 Oktober, Transportasi Disimulasikan

SIMULASI: Bus yang bakal digunakan calon haji Indonesia di Makkah.

Suasana Pelaksanaan Haji 2011 di Tanah Air (10)
Calon jamaah haji (calhaj) khusus dijadwalkan tiba di Arab Saudi pada 14 Oktober mendatang. Sebagian besar mereka langsung menuju Makkah. Namun, ada yang ke Madinah terlebih dahulu.

’’ADA yang ke Makkah ada juga yang ke Madinah,’’ ujar Kepala Seksi Pengendali Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Khorizi Dasir Dulabas di Makkah, Arab Saudi, Sabtu malam (8/10) waktu setempat atau Minggu (9/10)  dini hari WIB. Tahun ini jumlah calhaj khusus berjumlah 20 ribu orang. ’’Awalnya 17 ribu calhaj. Setelah mendapat kuota tambahan, haji khusus dapat tambahan 3.000 calhaj lagi. Jadi total 20 ribu calhaj,’’ ujar Khorizi.
Mengenai biaya, ada kenaikan. Tahun lalu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menetapkan tarif  bawah USD 6 ribu, sedangkan tahun ini USD 7 ribu. ’’Kalau batas atas tidak dibatasi. Bergantung penyelenggara dari swasta. Tentunya sesuai dengan pelayanan yang diberikan,’’ imbuhnya.
Dijelaskan, haji khusus yang sebelumnya dikenal dengan ONH plus itu berbeda dengan haji regular. Selain biayanya minimal USD 7 ribu, juga tinggal di hotel, makanan yang diberikan prasmanan, dan menggunakan pesawat regular. ’’Itu standar pelayanan minimum. Tingkat pelayanan yang diberikan dari penyelenggara swasta. Lamanya waktu dia pergi 25 hari. Haji khusus ini untuk menampung mereka yang mempunyai waktu terbatas, tapi mempunyai cukup uang. Ini sesuai dengan aturan, haji di samping dikelola oleh pemerintah, juga oleh swasta,’’ jelasnya.
Yang jelas, para calhaj yang menggunakan haji khusus harus paham dan tidak terkecoh dengan iming-iming penyelenggara yang menawarkan haji khusus.
Di tempat terpisah, Ketua Muassasah Asia Tenggara Zuhair Hamed Sedayu berjanji akan meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji Indonesia. Itu disampaikan Zuhair kepada wartawan setelah silaturahmi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah, Sabtu malam (8/10) waktu setempat atau Minggu dini hari (9/10) WIB.
Sementara itu, puluhan orang mengikuti simulasi transportasi dari terminal bus Saptco di Mahbas Jin ke terminal Bab Ali (Maulid Nabi) dekat Babus Salam Masjidil Haram. Dalam simulasi tersebut, puluhan orang yang terdiri atas personel dari awak bus Saptco dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah berkumpul di terminal Mahbas Jin. Selanjutnya mereka naik bus. ’’Kalau duduk semua kapasitasnya 70 orang. Kalau ditambah berdiri, bisa sampai 100 orang,’’ ujar Asep  Priatna, pria asal Sukabumi, yang sudah dua tahun bekerja di Arab Saudi sebagai sopir bus Saptco.
Jarak antara terminal bus Mahbas Jin ke Bab Ali dekat. Kurang dari lima menit. Setelah melewati terowongan, bus sampai di terminal Bab Ali. Dari sini para jamaah turun dan berjalan kaki. ’’Sekitar 100 meter untuk sampai ke Masjidil Haram. Dari pemondokan, para calhaj menggunakan bus sampai terminal di Mahbas Jin. Terus diangkut bus lagi menuju Bab Ali,’’ ujar Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat, kemarin. (zul)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: