Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Dua Kloter Tiba di Makkah, 15 Lainnya Kemarin Menyusul

Dua Kloter Tiba di Makkah, 15 Lainnya Kemarin Menyusul

DI MAKKAH: Calhaj dari BTH I dinihari kemarin sudah tiba di pemondokan di Makkah.

Suasana Pelaksanaan Haji 2011 di Tanah Suci (12)
Calon jamaah haji (calhaj) Indonesia yang sebelumnya berada di Madinah sudah mulai memasuki Makkah. Dua kloter telah sampai ke pemondokan masing-masing dinihari kemarin waktu setempat. Mereka adalah BTH I (embarkasi Batam kloter I)  mengangkut calhaj Jambi dan JKS I mengangkut calhaj Jawa Barat.

MENURUT jadwal Panitia Penyelenggara Ibadah Haji di Makkah, kemarin pagi hingga petang waktu setempat (11/10) akan diberangkat 15 kloter lagi dari Madinah menuju Makkah. Namun, hingga pukul 18.15 WIB atau pukul 14.20 waktu setempat, rombongan calhaj yang berangkat pertama pada pukul 06.00 dari Madinah, masih dalam perjalanan.
Di antara mereka yang berangkat ke Makkah adalah SUB 1 (Surabaya kloter 1/Jawa Timur), JKG I (Jakarta Garuda kloter 1/DKI), PDG I (Padang 1/Sumbar), MES I (Medan1/Sumut), PLM 1 (Palembang1/Sumsel), JKS 2, dan JKS 3.
Pukul 02.00 dinihari kemarin (11/10) waktu setempat, calhaj BTH I (embarkasi Batam kloter I) yang berasal dari Jambi tiba di pemondokan 324 di daerah Zumaizah, sekitar 1,5 km dari Masjidil Haram.  Sebanyak 447 yang diangkut 10 bus dari Madinah satu per satu berdatangan. ’’Jumlah awalnya kloter I dari Batam sebenarnya 450 orang. Yang seorang sudah berangkat lebih dulu. Karena sakit, dia masuk Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Makkah,’’ ujar Kepala Sektor 3 Daerah Kerja Makkah Shoim Munawar kepada wartawan sembari menunggu kedatangan rombongan calhaj di pemondokan 324, Zumaizah. Sedangkan dua calhaj lagi masih berada di Madinah, karena masih menunggu kelengkapan dokumen.
Menurut Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah dr Thafsin Al Farizi, dari rombongan tersebut, 198 orang masuk dalam risiko tinggi (risti), sebanyak 15 di antaranya dalam pemantauan.’’Risti ada dua. Usia, yakni di atas 60 tahun dan risti karena penyakit. Di setiap kloter ada dokter dan dua perawat. Mereka yang akan memantau. Sedangkan di setiap sektor ada delapan tenaga medis, ini termasuk dua dokter spesialis dan  satu dokter umum. Ada tempat perawatan juga,’’ ujarnya.
Sedangkan seorang calhaj dari kloter ini yang dirawat di BPHI, Zainina, kondisinya makin membaik.’’Semoga dua hingga tiga hari ke depan sudah bisa bergabung dengan rombongan,’’ imbuh Thafsin yang tadi malam menyambut kedatangan calhaj bersama Kepala Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Syairozi Dimyathi, Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi dr Mawari Edy, para personel PPIH Makkah, dan Muassasah Asia Tenggara yang dipimpin oleh Zuhair Hamed Sedayu.
Satu kloter lagi yang sudah datang dinihari kemarin adalah JKS 1 yang berjumlah 448 orang. Sebenarnya jumlah kloter ini 449, namun seorang masih mendapatkan perawatan. Dengan demikian, calhaj yang sudah datang berjumlah 896 orang.
Mengenai korban luka yang terjadi Senin pagi waktu setempat, Mawari mengatakan, tinggal tiga orang. Mereka terluka setelah bus yang ditumpangi calhaj dari kloter 24 embarkasi Solo (SOC) mengalami kecelakaan. Bus yang ditumpangi dari Jeddah menuju Madinah diduga oleng di kilometer 150 antara Jeddah-Madinah, sehingga menabrak bukit berbatu. ’’Yang tiga orang harus mendapatkan operasi, karena ada tulangnya yang patah. Mereka laki-laki semua, dari Grobogan (Jawa Tengah, Red). Mereka di RS Arab Saudi Fahd,’’ imbuhnya.
Terpisah, Kepala Daker Madinah Akhmad Jauhari mengatakan, ketiga jamaah yang akan menjalani operasi tulang di RS King Fahd Madinah itu adalah Jumar bin Muhammad, Ahmad Masnuri bin Ali Mutarom, dan Suradi bin Karmo. Jumar menderita patah tulang rahang, sedangkan Masnuri dan Suradi mengalami patah tulang pangkal paha. Dua jamaah lagi yang sekadar luka ringan dan kini dirawat di BPHI Madinah adalah Darbili dan Murkamid. Jauhari memastikan, calhaj yang menjadi korban kecelakaan tunggal hanya lima orang, bukan delapan. (zul)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: