Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Calhaj yang Dirawat Inap Tembus 100 Orang

Calhaj yang Dirawat Inap Tembus 100 Orang

PEMERIKSAAN: Bus yang membawa calhaj dari Jeddah ke Makkah harus masuk ke checkpoint Syumaisi.

Suasana Pelaksanaan Haji 2011 di Tanah Suci (23)
Jumlah calon haji (calhaj) yang dirawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) semakin bertambah. Data yang dilansir Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Kementerian Agama menyebutkan, sebanyak 63 calhaj dirawat inap di BPHI di Makkah, sedangkan 5 orang masuk di rumah sakit Arab Saudi (RS AS) di Makkah.

’’PARA calhaj hendaknya menjaga kesehatan. Jangan lupa banyak minum air putih dan kalau keluar pemondokan memakai masker,’’ ujar Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah dr Tafshin al Farizi. Sedangkan di BPHI Jeddah, pasien yang dirawat sebanyak 16 orang dan 4 di RS AS. Adapun yang dirawat di BPHI Madinah sebanyak 17 orang dan 14 di RS AS di Madinah. ’’Di Makkah ada sekitar 75 orang yang dirawat,’’ ujar Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat Jumat (22/10).
Sementara hingga sampai kemarin sore (22/10) pukul 15.00 waktu setempat (19.00 WIB), jumlah calhaj meninggal sebanyak 34 orang. Sebelumnya 31 meninggal dunia. Drs Kudus Bakri bin H. Bakri, 60,  kloter 6 embarkasi Ujung Pandang asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, meninggal di Makkah pada 21 Oktober, Haidir bin Abdul Rahman Ritonga, 44, kloter 2 embarkasi Medan asal Kota Padang Sedempuan, Sumatera Utara, meninggal di Makkah pada 22 Oktober, dan Muhammad Baharuddin, H bin Suriansyah, 51, kloter 1 embarkasi Banjarmasin, asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, meninggal di Makkah pada 22 Oktober.
Adapun calhaj Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi sebanyak141.011 orang.
Kemarin malam INDOPOS memantau di checkpoint Syumaisi sekitar 2 jam mulai pukul 23.00 waktu setempat. Para calhaj, termasuk dari Indonesia yang datang dari Jeddah langsung ke Makkah, harus melalui checkpoint ini. Beberapa bus yang membawa calhaj Indonesia tampak masuk ke lokasi yang jaraknya dari Makkah sekitar 25 km.
Di tempat ini, kondisi bus dicek oleh petugas. Bus-bus yang dikelola naqoba (sejenis Organda) itu dicek oleh semacam lembaga transportasi haji. ’’Misalnya apa AC-nya jalan atau tidak, mesinnya bagaimana. Kalau ada yang rusak, tidak boleh jalan dulu. Diperbaiki atau ganti bus, baru melanjutkan perjalanan. Diperiksa juga informasi umum terkait bus, seperti perusahan busnya, nomor perusahannya, dan lain-lain,’’ ujar Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat menerjemahkan penjelasan petugas pemeriksa.
Di tempat ini juga, paspor calhaj akan dicek. ’’Dikumpulkan, terus diserahkan oleh sopir kepada pihak terkait dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan juga  muassasah, terus dibawa oleh mursyid, penunjuk jalan yang ditunjuk oleh pemerintah. Paspor itu selanjutnya dibawa ke maktab dan disimpan. Nanti kalau calhaj sudah selesai dan mau pulang, diserahkan kembali. Jadi calhaj tidak memegang paspor. Muassasah, sejenis lembaga swasta yang ditunjuk oleh pihak pemerintah Arab Saudi untuk ikut melayani pelaksanan ibadah haji. Dari maktab itu nanti selanjutnya, para calhaj akan diantar ke pemondokan yang telah disediakan,’’ jelasnya.
Dari Jeddah, Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menegaskan bahwa pelayanan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) sebagai tolok ukur kesuksesan pelaksanaan haji tahun ini. ’’Indikator sukses pelaksanaan haji tahun ini adalah program yang disepakati berjalan dengan baik. Seperti masalah pelayanan di Armina, itu kan ada program pelayanan katering,” kata Wakil Ketua Komisi VIII Ahmad Zainuddin di Jeddah. Selain itu, juga kesehatan dan pelayanan transportasi yang memadai untuk calhaj. (zul)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: