Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Menag ’’Disambut’’ Calhaj Nonkuota, Ke Depan Janji Pembenahan

Menag ’’Disambut’’ Calhaj Nonkuota, Ke Depan Janji Pembenahan

BARU DATANG: Menteri Agama Suryadharma Ali bertanya kepada calhaj nonkuota di Makkah, Arab Saudi, kemarin (26/10).

Suasana Pelaksanaan Haji 2011 di Tanah Suci (27)
Ada pemandangan menarik saat Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali tiba di kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, kemarin pagi (26/10) waktu setempat. Baru saja masuk, dia melihat ada seorang calon haji (calhaj) usia lanjut duduk di kursi setelah pintu masuk kantor lengkap dengan pakaian ihram. Spontan Suryadharma yang datang bersama rombongan menghampirinya dan bertanya.

TERNYATA, calhaj itu adalah nonkuota. Dia dibawa ke kantor Misi Haji Indonesia oleh petugas setelah tersesat dan tertinggal oleh rombongannya. ’’Dari Malang,’’ jawab pria yang belakangan diketahui bernama Abdul Raji Ratimin itu. Raji yang lebih banyak diam dan beberapa kali berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa saat ditanya itu bercerita, dia ikut haji nonkuota dengan biaya Rp 63 juta. Dia bersama rombongan yang jumlahnya tujuh orang berangkat dari Indonesia pada 24 Oktober. ’’Ikut Haji Gufron,’’ jawabnya ketika ditanya siapa ketua rombongan yang mengajaknya. Karena tidak jelas di mana pemondokannya, dan tidak dilengkapi gelang atau identitas lainnya seperti calhaj resmi yang pemberangkatannya melalui Kementerian Agama, setelah Suryadarma Ali masuk ke ruang rapat, petugas kemudian mengantarnya ke Masjidil Haram.
Suryadharma yang tiba di Jeddah Selasa malam (25/10) dan langsung umrah mengatakan, calhaj nonkuota uangnya banyak, karena mampu membayar yang hampir sama dengan haji khusus, bahkan bisa lebih, karena ada yang sudah membayar Rp 83 juta tidak berangkat. Namun, nasibnya tidak tentu begini. Calhaj nonkuota yang telantar ini merupakan korban dari pihak travel yang terdaftar, namun memberangkatkan haji tidak melalui Kemenag. ’’Apalagi melalui travel tidak terdaftar,’’ imbuhnya.
Dijelaskan, calhaj nonkuota kadang telantar di tanah air, Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, bahkan ada yang telantar di Malaysia. ’’Ada juga jamaah nonkuota yang telantar ketika mau pulang. Haji sudah selesai, tapi tidak ada tiket untuk pulang ke tanah air. Kalau jamaah berangkat dari Kemenag kan terdata,’’ tambahnya.
Selain itu, calhaj nonkuota juga mengambil jatah layanan calhaj kuota. Seperti memakai tenda saat di Mina dan makan saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.’’Khawatir ganggu kenyamanan jamaah kuota,’’ katanya. Dalam hal ini, lanjutnya, Kemenag, Kemenkumham, dan pihak kepolisian harus tegas terhadap penyelenggara yang punya izin, tapi memberangkatkan haji tidak melalui Kemenag. ’’Mereka yang tidak berizin, dari Kemenag susah memberi sanksi. Itu dari kepolisian. Kalau proses pencegahan dari pihak Imigrasi. Ya ke depan, tentu akan ada pembenahan,’’ terangnya.
Sementara itu, hingga kemarin pukul 13.15 waktu setempat (17.15 WIB), calhaj yang meninggal sebanyak 58 orang. Sebelumnya 49 orang. Mereka adalah Suyanto bin Ngaseri (Solo), Husain bin Muslar (Surabaya), M. Saleh Yusuf bin Yusuf Usman H. (Palembang), Ridwan bin Saidan (Surabaya), Sulasmi binti Kusnan (JKS), Suhari bin Salam (JKG), Sudarso bin Usman (Surabaya), Slamet Adnan bin Paat (Solo), dan Badru bin Hudaemi (JKS).  Sedangkan calhaj yang dirapat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah sebanyak 100 orang dan 17 di RS Arab Saudi, BPHI Madinah 18 orang dan 18 orang di RS Arab Saudi, serta 16 orang di BPHI Jeddah dan 4 orang di RS Arab Saudi. Adapun calhaj yang tiba di Arab Saudi sebanyak 170.837 orang. 152.856 di antaranya telah tiba di Makkah. (zul)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: