Beranda > CATATAN HAJI 2011 > Menag Datang, 10 Bus Disediakan di Bakhutmah 



Menag Datang, 10 Bus Disediakan di Bakhutmah 



Suasana Pelaksanaan Haji 2011 di Tanah Suci (28)
Para calon haji (calhaj) di Bakhutmah boleh bernafas lega. Sebab, mulai kemarin (27/10) disediakan transportasi gratis menuju ke Masjidil Haram dan sebaliknya. Sebelumnya, pemondokan yang berada di Bakhutmah tidak disediakan transportasi, karena jaraknya dari Masjidil Haram kurang dari 2.000 meter.

SEBALIKNYA hanya pemondokan yang jaraknya di atas 2.000 meter seperti di antaranya Nakkasah dan Mahbas Jin disediakan transportasi. Karena tidak disediakan transportasi, para calhaj ada yang salat berjamaah di depan pemondokan 905, ada yang tetap ke Masjidil Haram dengan naik taksi, sejenis mini bus, dan kendaraan bak terbuka. Yang bak terbuka ini, ongkosnya murah, 2 riyal. Sedangkan taksi tentu lebih dari itu. Ada juga kendaraan sejenis mini bus yang berbendera negara lain dimanfaatkan oleh sopirnya menarik calhaj Indonesia.
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali sendiri pada Rabu (26/10) mengecek langsung ke Bakhutmah dan mengambil gambar sejumlah calhaj yang naik bak terbuka. Khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Suryadharma pun memerintahkan untuk disediakan transportasi. Rabu siang, Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Subakin Abdul Muthalib bersama jajarannya terlihat sibuk mencari armada. Ketika itu ada pihak dari Saudi Arabian Public Transportation Company (Saptco) Abdul Khatib.
’’Sudah tersedia bus. Semoga mencukupi,’’ ujar Suryadharma di sela-sela kunjungannya ke sejumlah pemondokan di Nakkasah dan Bakhutmah serta Balai Pengobatan Ibadah Haji di Khalidiyah, Makkah, kemarin (27/10). Sebanyak 10 bus telah disediakan. Pantauan INDOPOS kemarin, bus tersebut sudah stand by. Namun, sejumlah calhaj belum mengetahui ada transportasi gratis. Bahkan, ada beberapa calhaj yang masih naik kendaraan bak terbuka. Padahal, sehari sebelumnya, petugas mengimbau mereka tidak menggunakannya. ’’10 bus sudah ada,’’ imbuh Sekretaris Daerah Kerja Makkah M. Khanif, kemarin.
Menurut Suryadharma, sejauh ini banyak perkembangan terkait haji. ’’Pemondokan semakin dekat. Tapi ekpektasi jamaah tinggi. Sebenarnya Bakhutmah tidak disediakan transportasi karena kurang 2 km. Sudah pakai bus. Bakhutmah mendapat perhatian ke depan. Bedanya dengan Nakkasah kan 200 hingga 300 meter. Nakkasah dapat transportasi, karena di atas 2 km. Ya, karena ekpektasi itu, kita ikuti,’’ jelasnya.
Ke depan, akan dikaji lagi apa bisa diturunkan batasan 2000 meter menjadi 1500 meter. Memang tidak mudah mencari pemondokan yang dekat dengan jumlah  jamaah 201 ribu reguler dan 20 ribu haji khusus. ’’Bisa diperpendek jaraknya, tapi juga melihat ketersediaan rumah dan kesanggupan bayar rumah. Dua tahun terakhir ini biaya turun, padahal harga perumahan dari tahun ke tahun naik. Ini bukan hanya hubungan negara dengan negara, tapi dengan pasar,’’ terangnya.
Pelayaan medis juga meningkat, termasuk adanya Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI).’’ Dengan adanya BPHI, semoga keluhan pasien teratasi. Ini seperti rumah sakit kecil. Kalau tidak teratasi dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi,’’ jelasnya. BPHI juga tidak hanya menangani pasien sakit, tapi juga memperhatikan kemabruran.
’’Kalau tidak mampu ke Arafah, disafari wukufkan. Kalau ada yang sakit dicek, apa ada yang kurang, sehingga rukun dan wajibnya tidak tertinggal,’’ imbuhnya.
Dirjen Bina Upaya Kesehatan (BUK) Kemenkes Supriyantoro menambahkan, di BPHI penanganan nonoperasi bisa dilakukan. Para dokter seperti penyakit dalam, jantung, dan paru disediakan. Mereka berbagi tugas, termasuk dokter yang tugas di sektor-sektor.’’Obat-obatan cukup,’’ tambahnya.  Sementara itu, hingga kemarin (27/10), calhaj yang meninggal 68 orang. Sebelumnya 58 orang. Sedangkan yang tiba di Arab Saudi hingga kemarin pukul 16.35 waktu setempat 178.917 orang. (zul)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: